10 URL Shortener Terbaik Gratis dan Berbayar Update 2023

10 URL Shortener Terbaik Gratis dan Berbayar Update 2023

URL Shortener atau dikenal juga shortlink menjadi pilihan banyak pemilik website ataupun content creator ketika hendak membagikan tautan yang dimilikinya. Bukan tanpa sebab, Dengan menggunakan URL Shortener baik pemilik maupun pembaca akan lebih mudah mengingat link yang dibagikan tersebut.

Namun, apakah kalian sudah mengetahui tentang URL itu sendiri?

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator (URL) dalam bahasa Inggris. URL sendiri merupakan alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu sumber daya di internet. URL juga digunakan untuk mengarahkan browser atau perangkat lunak lainnya ke lokasi yang tepat di internet di mana sumber daya tersebut dapat ditemukan.

Sebuah URL biasanya terdiri dari beberapa komponen dasar:


URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator (URL) dalam bahasa Inggris. URL adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu sumber daya di internet. URL digunakan untuk mengarahkan browser atau perangkat lunak lainnya ke lokasi yang tepat di internet di mana sumber daya tersebut dapat ditemukan.

Sebuah URL biasanya terdiri dari beberapa komponen dasar:

  • Protokol: Menunjukkan jenis protokol yang digunakan untuk mengakses sumber daya, seperti HTTP (Hypertext Transfer Protocol) atau HTTPS (Secure Hypertext Transfer Protocol). Contoh: http://www.example.com atau https://www.example.com
  • Nama Domain: Merupakan nama unik yang mengidentifikasi suatu situs web atau server di internet. Contoh: www.example.com
  • Jalur: Menunjukkan jalur atau direktori di server dimana sumber daya yang diinginkan terletak. Contoh: www.example.com/path/to/resource
  • Parameter: Opsi tambahan yang mengirimkan informasi tambahan kepada server untuk mengakses atau mengubah sumber daya. Contoh: www.example.com/resource?param1=value1&param2=value2

Setelah melihat penjelasan diatas sudah dapat diketahui jika sebuah url bisa saja menjadi panjang dan akan sulit diingat oleh pembaca. Oleh karena itu muncullah url shortener untuk mempersingkatnya. Sebagai contoh URL asli tanpa url shortener dan menggunakan shortener sebagai berikut:

  • Tanpa URL Shortener ( https://namadomain.com/artikel-mengenai-topik-yang-ada-dalam-website )
  • Dengan URL Shortener ( https://domain.com/usera )

Hingga artikel ini diterbitkan telah banyak sekali layanan pemendek url yang bisa kalian gunakan baik secara gratis maupun berlangganan. Bagi kalian yang ingin menggunakannya tapi masih bingung url shortener apa, silahkan simak artikel ini hingga selesai karena kami akan memberikan rekomendasinya untuk kalian.

Apa Itu URL Shortener?

URL shortener adalah alat atau layanan yang digunakan untuk mengubah URL yang panjang menjadi URL yang lebih pendek. Alat ini menggantikan tautan asli dengan tautan yang lebih singkat dan lebih mudah diingat, tetapi tetap mengarahkan pengguna ke konten yang sama. Dalam beberapa kasus, URL shortener juga dapat memberikan analitik sederhana tentang jumlah klik atau statistik lainnya terkait tautan yang dipersingkat.

Cara Kerja URL Shortener

URL shortener bekerja dengan menggunakan metode redirect atau pengalihan. Berikut adalah langkah-langkah umum yang terjadi ketika menggunakan URL shortener:

  1. Pengguna memasukkan URL panjang yang ingin disingkat ke dalam alat URL shortener.
  2. Alat URL shortener menghasilkan tautan pendek yang mengacu pada URL asli.
  3. Ketika seseorang mengklik tautan pendek tersebut, mereka akan diarahkan ke URL asli melalui proses redirect.

Proses redirect ini biasanya melibatkan server yang menyimpan peta antara tautan pendek dan tautan asli. Ketika seseorang mengakses tautan pendek, server akan memeriksa peta tersebut dan mengarahkannya ke URL yang sesuai.

Manfaat URL Shortener

  1. Memperpendek Tautan: Memmbantu mengatasi masalah tautan yang terlalu panjang dan rumit. Dengan mempersingkat tautan, pengguna dapat menghemat karakter saat berbagi tautan melalui platform yang memiliki batasan jumlah karakter, seperti Twitter.
  2. Meningkatkan Keindahan dan Keterbacaan: URL pendek lebih estetis dan mudah dibaca daripada tautan panjang yang dihasilkan oleh sistem yang kompleks. Hal ini membuat tautan lebih menarik secara visual dan lebih mudah diingat oleh pengguna.
  3. Pelacakan Statistik: Banyak URL shortener menyediakan fitur pelacakan statistik yang memungkinkan pengguna untuk melihat berapa kali tautan pendek telah diklik dan informasi lainnya, seperti lokasi pengunjung dan sumber lalu lintas. Fitur ini membantu dalam menganalisis efektivitas kampanye pemasaran atau berbagi konten.
  4. Pengalihan Dinamis: Beberapa URL shortener canggih juga memungkinkan pengalihan dinamis berdasarkan lokasi pengguna atau perangkat yang digunakan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyampaikan konten yang berbeda kepada audiens yang berbeda.
BACA JUGA  Mengenal IndiBiz Voucher Wifi Lengkap 2023

10 Rekomendasi URL Shortener Terbaik

10 Rekomendasi URL Shortener Terbaik
10 URL Shortener Terbaik Gratis dan Berbayar Update 2023 3

Bit.ly ( Gratis & Berbayar )

Bit.ly merupakan URL Shortener tools yang paling terkenal dan digunakan oleh banyak pengguna karena tools yang satu ini dapat membangun serta melindungi merek dengan menggunakan URL pendek yang kuat.

Selain itu Bit.ly juga meberikan pilihan costum url kepada para penggunanya. Bit.ly sendiri hadir dengan dua pilihan yaitu versi gratis yang bisa digunakan tanpa harus berlangganan namun memiliki batas pembuatan setiap bulannya dan versi berbayar yang mencakup seluruh fitur yang tersedia.

Cutt.ly ( Gratis & Berbayar )

URL Shortener terkenal kedua adalah cutt.ly yang mudah digunakan dan memiliki banyak sekali fitur baik pada versi gratis maupun berbayarnya.

Cutt.ly juga memiliki fitur pelacakan dimana kalian dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi atau klik shortlink yang kalian buat.

Selain itu, cutt.ly juga memiliki fitur URL Shortener menggunakan domain costum atau domain yang kita miliki.

Page.link merupakan layanan url shortener yang bisa kalian buat melalui Google Firebase dan menjadi alternatif pengganti shortlink Google yang telah dinonaktifkan beberapa tahun lalu.

Page.link sendiri merupakan layanan pemendek url gratis yang bisa kalian gunakan tanpa membayar sedikit pun. Meskipun gratis, layanan pemendek url yang satu ini memiliki banyak fitur seperti costum subdomain, costum url, terkoneksi Google Analytics dan parameter lainnya.

Rebrandly ( Gratis & berbayar )

Rebrandly belakangan mulai banyak digunakan oleh pemilik website maupun konten kreator untuk mempersingkat url yang dimiliki.

Rebrandly memiliki banyak sekali fitur mulai dari analytics khusus, perutean khusus, penargetan tautan dan masih banyak lainnya.

Ow.ly ( Free Trial & Berbayar )

Ow.ly merupakan layanan URL Shortener milih Hootsuite yang banyak digunakan oleh para pemilik website karena layanan yang satu ini memiliki fitur otomatis sharing ke media sosial terkenenal seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

Pada dasarnya, Ow.ly merupakan layanan pemendek url berbayar dimana untuk menggunakannya kalian wajib berlangganan. Meski demikian, ow.ly memberikan free trial atau uji coba gratis untuk 30 hari pertama kepada seluruh pengguna barunya untuk mencoba layanan yang satu sebelum memutuskan untuk berlangganan atau tidak.

BACA JUGA  5 Rekomendasi Shortlink Penghasil Uang Terbaik

Dlvr.it ( Free Trial & berbayar )

Dlvr.it juga banyak digunakan oleh para pemilik website yang mengingkan tautan pada artikel yang dimiliki menjadi lebih pendek ketika dibagikan kepada para pembaca terlebih pada platform media sosial.

Tidak seperti layanan url shortener lainnya, dlvr.it ini dapat diintegrasikan dengan platform-platform media sosial yang beragam mulai dari Facebook, Twitter, Google Bisnis, Mastodon dan lainnya serta jika kalian menggunakan layanan dlvr.it maka secara otomatis akan membagikan setiap artikel yang kalian terbitkan ke platform media sosial yang telah kalian hubungkan sebelumnya.

Dalam mengambil artikel sendiri dlvr.it juga berbeda dari layanan lainnya dimana ketika kalian menggunakan dlvr.it kalian bisa menghubungknnya dengan rss situs kalian dan nantinya dlvr.it akan melakukan scanning pada setiap artikel yang baru diterbitkan serta langsung dibagikan ke platform media sosial.

is.gd ( Gratis )

Selanjutnya ada URL Shortener is.gd yang bisa kalian gunakan secara gratis tanpa perlu melakukan registrasi ataupun berlangganan.

Untuk menggunakannya juga sangatlah mudah dimana kalian hanya perlu mengunjungi situsnya kemudian pastekan link asli website kalian pemendek url kalian telah dibuat.

S.id ( Gratis & Berbayar )

S.id merpakan salah satu layanan URL Shortener milik Indonesia yang bisa kalian gunakan baik versi gratis maupun berbayarnya.

Untuk menggunakan layanan yang satu ini sendiri kalian terlebih dahulu harus membuat akun dan barulah kalian bisa membuat pemendek url melalui laman dashboardnya.

TinyURL ( Gratis & berbayar )

Selanjutnya ada penyedia url shortener Tinyurl yang bisa kalian gunakan secara gratis ataupun berlangganan.

Untuk perbedaannya sendiri antara versi gratis dan berbayarnya adalah ketika kalian berlangganan versi berbayar maka kalian dapat memilih alah satu ataupun sleuruh subdomain yang mereka miliki.

Kee.my.id ( Gratis )

Kee.my.id adalah layanan pemendek url gratis dari Indonesia yang dikelola oleh xeo.my.id. Salah satu kelebihan dari layanan ini adalah kalian bisa menggunakan costum subdomain sesuai yang kalian inginkan ketika melakukan proses pemendekan url.

Itulah tadi rekomendasi yang bisa kami berikan, semoga dapat membantu kalian. baca juga artikel kami di Google Berita ya

Penulis: Citra, S.KomEditor: Andriani Yustina, S.Kom