Tutorial Input Perencanaan dan Laporan BOP Salur Paling Lengkap 2023

Tutorial Input Perencanaan dan Laporan BOP Salur Paling Lengkap 2023
Tutorial Input Perencanaan dan Laporan BOP Salur Paling Lengkap 2023

Dalam artikel ini Qiannah Update Media akan memberikan tutorial penginputan serta pelaporan penggunaan anggaran pada laman BOP Salur bagi kalian satuan pendidikan PAUD/TK dan Non-Formal.

Seperti kita ketahui jika setiap tahun Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) memberikan dana bantuan kepada seluruh satuan pendidikan yang telah terdaftar. Salah satunya adalah BOP untuk satuan pendidikan PAUD/TK dan Non-Formal.

Setiap satuan pendidikan yang menerima bantuan ini wajib melakukan penginputan perencanaan atau yang kita kenal RKAS (Rancangan Kegiatan Anggaran Satuan Pendidikan) dan melaporkan penggunaan anggaran tersebut melalui laman BOP Salur.

Meskipun sebenarnya mudah dalam melakukan penginputan maupun pelaporan pada laman BOP salur namun masih banyak yang bingung bagaimana langkah dan caranya. Untuk itu Qiannah Update Media akan memberikan informasinya lengkap tutorialnya secara lengkap.

Mengenal Apa Itu BOP

BOP merupakan singkatan dari Bantuan Operasional Pendidikan yang merupakan bantuan dari Pemerintah melalui Kemdikbudristek kepada seluruh satuan pendidikan PAUD/TK maupun Non-Formal.

Sesuai dengan namanya Bantuan Operasional Pendidikan ini dapat digunakan oleh satuan pendidikan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar seperti pembelian peralatan mengajar, pembelian sarana dan prasarana ataupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan operasional pendidikan.

Syarat Mendapatkan Bantuan BOP

Setiap satuan pendidikan dapat menerima Banutan Operasional Pendidikan ini dengan beberapa persyaratan yaitu:

  1. Satuan pendidikan sudah terdaftar pada Kemdikbudristek
  2. Satuan pendidikan sudah menginput data rekening
  3. Satuan pendidikan memiliki siswa berusia sekolah ( untuk usia sekolah sendiri sesuai dengan peraturan yang berlaku ).
  4. Memiliki Rancangan Kegiatan Anggaran Sekolah
  5. Siswa terdaftar dalam Verval peserta didik
  6. Siswa tidak masuk dalam daftar residu Verval
BACA JUGA  Lupa Kode Registrasi Sekolah? Ini 3 Cara Mengatasinya Lengkap

Untuk persayaratan pertama merupakan hal yang paling penting karena untuk akses login dari laman BOP Salur ini sendiri nantinya akan diberikan oleh Dinas Pendidikan sesuai dengan data satuan pendidikan yang terdaftar dan mendapatkan bantuan.

Tahap Penyaluran Bantuan Operasional Pendidikan

Dalam penyalurannya, BOP ini memiliki dua tahap yaitu tahap 1 yang biasanya diberikan mulai bulan Februari hingga April dan tahap 2 yang diberikan mulai bulan Juli hingga Sepetember pada setiap tahunnya.

Untuk tahapan Proses Penyalurannya sendiri sebagai berikut:

Tahap 1

Proses verifikasi peserta didik – Penginputan data rekening – verifikasi bank – konfirmasi Dinas Pendidikan – Ditetapkan – Proses pencairan 50% dari PAGU 1 tahun – menginput Perencanaan – Melaporkan penggunaan anggaran tahap 1.

Tahap 2

Sudah melaporkan penggunaan anggaran tahap 1 – proses pencairan bantuan 50% terkahir dari PAGU 1 Tahun – pelaporan penggunaan anggaran tahap 2 – submit laporan.

Besaran Bantuan BOP

Untuk besaran bantuan BOP ini sendiri berbeda-beda sesuai dengan jenjangnya. Adapun berdasarkan informasi yang team Qiannah Update Media terima sebagai berikut :

  1. PAUD/TK Rp. 600.000 pertahun per siswa
  2. PAKET A Rp. 1.300.000 pertahun per siswa
  3. PAKET B Rp. 1.500.000 pertahun per siswa
  4. PAKET C Rp. 1.800.000 pertahun per siswa

Tutorial Input Perencanan BOP Salur

Tutorial Input Perencanan BOP Salur

Tutorial yang pertama adalah penginputan perencanaan pada laman BOP Salur pada sebelum proses pencairan. adapun langkahnya sebagai berikut:

Login Ke Laman BOP Salur

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah login ke laman BOP Salur atau melalui link berikut BOP 2021 (kemdikbud.go.id) kemudian pilih menu SSO dan login menggunakan akun operator dapodik.

Menginput Perencanaan

Setelah berhasil login maka langkah selanjutnya adalah menginput perencanaan untuk 1 tahun anggaran dengan cara:

  1. Pilih menu perencanaan pada kolom sebelah kiri
  2. Pilih sub menu input perencanaan
  3. Pilih Sumber Dana
  4. Pilih kegiatas RKAS sesuai kategori yang tersedia
  5. Masukkan deskripsi kegiatan
  6. Masukkan Jumlah Pembelian ( contoh 1, 2, 3, 4 dan seterusnya )
  7. Masukkan satuan jumlah ( contoh pcs, paket, box, rim, lembar )
  8. Masukkan harga satuan ( harga satuan misal harga 1 pcs )
  9. Klik tombol simpan
BACA JUGA  Panduan Login ANBK, Update Data, Pemilihan Moda Serta Cetak dan Upload Surat Kesiapan Satuan Pendidikan Lengkap 2023

Silahkan masukkan perencanaan kegiatan satu persatu sesuai dengan RKAS yang telah kalian miliki. Pastikan nominal total yang telah kalian input sesuai dengan PAGU anggaran 1 tahun.

Tutorial Input Pelaporan Tahap 1

Tutorial Input Pelaporan Tahap 1

Ketika dana bantuan tahap 1 sudah disalurkan dan dibelanjakan maka langkah selanjutnya adalah menginput laporan penggunaan anggaran untuk tahap 1. Untuk langkahnya sendiri sebagai berikut:

  1. Pilih menu Pelaporan
  2. Klik tombol Lapor pada pojok kanan kegiatan
  3. Masukkan Jumlah realisasi kegiatan tahap 1
  4. Masukkan harga satuan
  5. Klik tombol simpan laporan

Pada tahap ini silahkan kalian lakukan penginputan laporan satu persatu kegiatan sesuai dengan RKAS dan pengunaannya.

Pastikan setelah menginput keseluruhan dilakukan cek ulang apakah total nilai laporan sesuai dengan nominal pencairan bantuan tahap 1.

Tutorial Input Pelaporan Tahap 2

Tutorial Input Pelaporan Tahap 2

Setelah pencarian bantuan BOP tahap 2 dan dana telah digunakan maka langkah selanjutnya adalah melakukan penginputan laporan penggunaan anggaran BOP tahap 2 dengan cara:

  1. Pilih menu laporan
  2. Klik tombol Lapor pada kegiatan
  3. Masukkan jumlah realisasi tahap 2
  4. Masukkan harga satuan
  5. Klik tombol simpan laporan

Silahkan lakukan penginputan laporan satu persatu kegiatan dan pastikan jumlah nominal sesuai dengan nominal pencairan bantuan.

Submit Laporan

Setelah melakukan penginputan laporan tahap 2 pada laman BOP Salur maka langkah terakhir adalah melakukan submit laporan dengan langkah :

  1. Pilih menu Laporan
  2. Pilih sub menu submit
  3. Submit laporan penggunaan

Setelah melakukan submit laporan maka selesailah penginputan laporan penggunaan anggaran selama 1 tahun.

Untuk maksimal penginputan laporan sendiri pada tahp 1 adalah akhir bulan Juni dan tahap dua akhir bulan Desember.

Itulah tadi Informasi dan tutorial yang bisa Qiannah Update Media informasikan, semoga dapat membantu kalian.