Kalian Operator Sekolah masih bingung karena terdapat siswa yang belum memiliki NISN baik itu siswa baru, pindahan maupun siswa lama? Saat ini kalian tidak perlu bingung karena satuan pendidikan dapat melakukan pengajuan NISN siswa serta memperbaikinya secara online dengan mudah.
Dalam artikel ini Qiannah Update Media akan memberikan panduan lengkapnya bagi kalian operator sekolah mulai dari penyebab, cara cek, memperbaiki dan mengajukan NISN.
Seperti kita ketahui jika NISN ini merupakan nomor yang sangat penting bagi siswa karena akan digunakan dalam berbagai hal mulai urusan administrasi hingga pelaksanaan ujian nantinya.
Oleh sebab itu, sangat penting bagi para operator sekolah untuk selalu melakukan pengecekkan NISN siswa baik melalui aplikasi dapodik ataupun laman verval PD.
Perlu kalian ketahui, jika NISN ini diberikan ketika siswa berada pada jenjang PAUD/TK dan berdasarkan informasi dari berbagai narasumber serta surat yang bersumber dari Sekretariat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan nomor 31966/A/LL/2016 Kebijakan Pengelolaan Data Peserta Didik di temukan informasi jika penerbitan NISN untuk jenjang PAUD/TK dilakukan pada bulan Oktober dan untuk jenjang SD ditebitkan pada bulan September setiap tahunnya.
Lantas bagaimana jika sudah bulan Desember tapi NISN siswa tak kunjung terbit baik dilakukan pengecekkan melalui aplikasi dapodik ataupun verval PD? Kalian operator sekolah tidak perlu bingung karena kalian bisa mengikuti panduan yang akan kami berikan dalam artikel ini.
Table of Contents
Penyebab NISN Siswa Belum Atau Tidak Muncul
Siswa Baru Terdaftar
Penyebab pertama dan yang paling umum terjadi adalah siswa baru saja terdaftar pada satuan pendidikan. Seperti kita ketahui jika setiap tahun penerimaan siswa baru atau PPDB dilakukan pada bulan Juni dan baru aktif sekolah pada bulan Juli. Sedangkan untuk penerbitan NISN sendiri seperti kami utarakan diawal maksimal bulan Oktober.
Belum Unduh Data Aplikasi Dapodik
Penyebab kedua adalah operator sekolah belum melakukan unduh data aplikasi Dapodik setelah bulan Oktober.
Untuk kalian ketahui jika aplikasi dapodik merupakan aplikasi semi online dimana untuk perihal data tidak tersinkron secara otomatis dengan pusat data dapodik maka kita perlu melakukan tarik data agar data terbaru terkait satuan pendidikan dapat masuk kedalam aplikasi dapodik yang kita gunakan.
Siswa Masuk Daftar Residu Verval PD
Penyebab ketiga dan sering terjadi adalah siswa masuk dalam daftar residu karena ketidak cocokan data yang diinput dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( DisdukCapil ).
Wajib kalian ketahui jika saat ini Kemdikbud sudah melakukan sinkronisasi data dengan Dinas Dukcapil sehinga apabila terdapat data siswa yang tidak sesuai maka akan masuk dalam daftar residu.
Apabila siswa tersebut masuk daftar residu maka dapat dipastikan tidak akan muncul NISN.
Cara Mengatasi NISN Siswa Belum Muncul di Aplikasi Dapodik
Menunggu Hingga Bulan November
Cara dan solusi yang pertama adalah menunggu hingga bulan November karena untuk penerbitan Nomor Induk Siswa Nasional terakhir dilakukan pada bulan Oktober.
Unduh Data Aplikasi Dapodik
Apabila sudah memasuki bulan November tapi kalian operator sekolah belum melakukan unduh data silahkan kalian unduh data terlebih dahulu.
Untuk langkah mengunduh data aplikasi dapodik silahkan ikuti langkah berikut ini:
- Login ke aplikasi dapodik menggunakan akun operator sekolah
- Pilih menu Validasi
- Peilih Validasi Lokal
- Klik seluruh tab satu persatu
- Pilih menu Tarik Data
- Klik tombol tarik data
Perbaikan Data Siswa di Verval PD
Apabila ditemukan siswa masuk dalam daftar residu maka kita sebagai operator sekolah wajib melakukan perbaikan data terlebih dahulu pada laman verval PD. Untuk langkah memperbaikinya sendiri sebagai berikut:
- Login ke laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ mengunakan akun operator sekolah
- Pilih Menu Edit Identitas pada kolom sebelah kiri
- Pilih nama siswa pada kolom daftar siswa
- Masukkan ulang seluruh data sesuai Kartu Keluarga pada masing-masing kolom
- Klik tombol validasi data
- Klik tombol update Data
Ajukan NISN
Apabila seluruh data sudah sesuai tapi NISN tidak kunjung terbit maka langkah terakhir adalah mengajukan NISN melalui laman Verval PD.
Untuk panduan mengajukan NISN pada laman Verval PD Data Kemdikbud sendiri sebagai berikut:
- Login ke laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/
- Pilih menu Penerbitan NISN pada kolom sebelah kiri
- Pilih nama siswa pada kolom daftar siswa
- Masukkan NISN yang tertera pada Ijasah jenjang sebelumnya
- Pilih kabupaten sekolah sebelumnya
- Pilih kecamatan sekolah sebelumnya
- Pilih nama sekolah sebelumnya
- Pilih tahun lulus sesuai dengan ijasah
- Pilih tingkat pendidikan akhir sesuai dengan ijasah
- Upload Ijasah terakhir
- Klik tombol Ajukan
Setelah kalian klik tombol ajukan maka proses pengajuan kalian akan dilkukan verifikasi dan validasi terlebih dahulu oleh team Verval Kemdikbud. Setelah tervalidasi maka NISN akan muncul.
Untuk estimasinya waktunya sendiri berdasarkan pengalaman team Qiannah Update Media 7 hari kerja.
Persyaratan Mengajukan NISN Melalui Verval PD
Pada saat mengajukan NISN melalui laman verval pd terdapat persayaratan yang wajib dipenuhi yaitu:
- Kartu Keluarga Asli + Fotocopy ( Asli difoto oleh operator sekolah )
- Ijasah terakhir Asli + Fotocopy ( Asli di foto oleh Operator Sekolah )
- Akta kelahiran Asli difoto ( apabila siswa pada jenjang paud/tk )
Panduan Memperbaiki NISN Siswa Yang Salah
Meskipun sedikit kemungkinan terjadinya kesalahan, namun hal ini bisa saja terjadi. Untuk itu kita sebagai operator sekolah dapat melakukan perbaikan melalui laman verval pd dengan cara:
- Pilih menu Edit NISN pada kolom sebelah kiri
- Pilih nama siswa pada kolom daftar siswa
- Masukkan NISN yang tertera pada ijasah terakhir
- Klik tombol cek data master
- Masukkan informasi yang diminta
- Upload ijasah terakhir
- Klik tombol Ajukan
Itulah tadi panduan yang bisa kami berikan, semoga dapat membantu kalian.