Operator Yayasan Pendidikan, Tugas dan Cara Registrasi Lengkap 2023

Operator Yayasan Pendidikan, Tugas dan Cara Registrasi Lengkap 2023
Operator Yayasan Pendidikan, Tugas dan Cara Registrasi Lengkap 2023

Operator yayasan pendidikan memiliki tugas dan peranan yang penting juga pada kegiatan satuan pendidikan selain operator sekolah dan sering kali berhubungan langsung dengan operator sekolah maupun kepala sekolah.

Untuk itu setiap yayasan pendidikan wajib memiliki satu operator yang bertugas khusus untuk menangani masalah ini. Karena memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting, untuk memilih seorang operator yayasan tidak bisa sembarangan dan harus benar-benar dipilih dan disetujui oleh ketua yayasan.

Dalam artikel ini Qiannah Update Media akan memberikan informasi mengenai tugas dan tanggung jawab seorang operator yayasan dan cara registasi atau mengajukan operator yayasan pendidikan secara lengkap.

Apa Itu Operator Yayasan Pendidikan ?

Operator yayasan pendidikan adalah seseorang atau individu yang dipilih dan diberi tugas serta tanggung jawab untuk mengelola urusan administrasi kegiatan yayasan yang menyangkut kegiatan pendidikan ( satuan pendidikan ).

Operator yayasan sendiri dipilih dan diangkat melalui SK ( Surat Keputusan ) dan Surat Penugasan oleh Ketua Yayasan dan bertanggung jawab penuh kepada ketua yayasan.

Dalam menjalankan tugasnya, operator sebuah yayasan pendidikan akan berinteraksi dan berkomunikasi baik kepada kepala sekolah naungan maupun operator sekolah naungan.

Pada realitanya, operator sebuah yayasan pendidikan akan lebih sering berhubungan dengan operator sekolah terkait dengan penambahan guru maupun perubahan lainnya.

3 Tugas dan Tanggung Jawab Operator Yayasan Pendidikan

Mengelola Data Verval Yayasan

Tugas pokok dan tanggung jawab yang pertama adalah mengelola halaman verval yayasan untuk memperbaharui hingga melakukan perbaikan data yayasan.

BACA JUGA  Cara Cek dan Cetak NUPTK Online Lengkap dan Terbaru 2023

Pada laman verval yayasan sendiri terdapat banyak sekali data yang wajib diinput ataupun diperbaiki dan diperbaharui apabila terjadi pembaharuan data seperti lokasi yayasan, nomor akta yayasan dan SK Kemkumham yayasan.

Menambahkan dan Menghapus Sekolah Naungan

Seperti kita ketahui jika setiap satuan pendidikan saat ini wajib berada dibawah sebuah yayasan. Jadi tugas Pokok dan tanggung jawab yang kedua adalah menambahkan dan menghapus sekolah naungan melalui laman verval yayasan dengan persetujuan Ketua Yayasan.

Menambahkan Guru, Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Seorang operator sebuah Yayasan pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menambahkan guru, pendidik dan tenaga kependidikan sekolah naungan.

Dalam hal ini seorang operator yayasan akan menerima data terkait guru baru pada sekloah naung dari Operator Sekolah maupun Kepala Sekolah. Barulah nantinya akan dilakukan penginputan pada laman verval ptk Kemdikbud.

Syarat Menjadi Operator Yayasan

  1. Berusia minimal 18 tahun
  2. Pendidikan minimal SMA
  3. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer
  4. Mampu berkomunikasi

Persyaratan Mengajukan Operator Yayasan

  1. Memiliki SK Pengangkatan yang ditandatangani oleh Ketua Yayasan
  2. Memiliki Surat Tugas yang ditandatangani oleh ketua yayasan
  3. Melakukan pengajuan melalui laman SDM Data Kemdikbud

Panduan Mengajukan Operator Sekolah

Panduan Mengajukan Operator Sekolah
Operator Yayasan Pendidikan, Tugas dan Cara Registrasi Lengkap 2023 3

Mengunjungi Laman SDM Data Kemdikbud

Tahap pertama adalah mengunjungi laman sdm data Kemdikbud atau biasa kita kenal dengan SDM Pusdatin.

Memilih Menu Registrasi Yayasan

Setelah berhasil mengunjungi laman sdm data Kemdikbud maka tahap selanjutnya adalah memilih menu registrasi Yayasan yang terletak pada menu bagian atas Registrasi – Yayasan.

Memasukkan Informasi dan Upload Surat Tugas

Setelah kalian memilih menu registrasi yayasan maka akan diarahkan ke halaman menginput informasi data dan upload surat tugas. Adapun data yang wajib diinputkan sebagai berikut:

  1. NIK
  2. Gelar Depan
  3. Nama
  4. Gelar Belakang
  5. Tempat Lahir
  6. Tanggal Lahir
  7. Jenis Kelamin
  8. Alamat Email Aktif
  9. Nomor handphone aktif
  10. Password login
  11. Pilih Kota lokasi yayasan
  12. Pilih kecamatan lokasi yayasan
  13. Pilih nama yayasan
  14. Kode Referal ( Kode Referral dapat diterbitkan oleh Admin Dinas Kab/Kota setempat. ) Opsional
  15. Mengupload Surat Tugas
  16. Klik tombol Registrasi
BACA JUGA  Info dan Panduan Uji Kesetaraan Lengkap Dan Update 2023

Setelah kalian klik tombol registrasi maka pengajuan kalian akan diproses dan dilakukan verifikasi dan validasi terlebih dahulu oleh team SDM Pusdatin dan nantinya akan diputuskan apakah di setujui atau tidak.

Apabila disetujui kalian bisa melakukan login pada laman SDM Data, dan verval yayasan maupun verval PTK menggunakan alamat email dan password yang kalian buat.

Untuk estimasi waktu vervalnya sendiri umumnya 7 hari kerja dimana kita bisa melihat prosesnya pada menu Status Registrasi.

Itulah tadi informasi dan tutorial yang bisa Qiannah Update Media berikan, semoga dapat membantu kalian.