Apa Itu Wifi Mesh, Cara Kerja, Kelebihan dan Rekomendasi Perangkat Wifi Mesh Lengkap 2023

Apa Itu Wifi Mesh, Cara Kerja, Kelebihan dan Rekomendasi Perangkat Wifi Mesh Lengkap 2023
Apa Itu Wifi Mesh, Cara Kerja, Kelebihan dan Rekomendasi Perangkat Wifi Mesh Lengkap 2023

Kalian pelanggan internet Fiber rumah seperti IndiHome, Iconnet, MyRepublic, FastMedia ataupun lainnya tapi jangkauan sinyal wifi kalian tidak mencakup seluruh ruangan yang ada pada rumah ataupun kantor yang kalian miliki? Untuk mengatasi permasalahan tersebut kalian bisa menggunakan perangkat tambahan dengan teknologi baru yaitu Wifi Mesh.

Wifi Mesh sendiri berbeda dengan perangkat repeater yang lebih dahulu dikenal dan banyak digunakan oleh masyarakat karena Wifi Mesh ini sendiri memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan Wifi Extender.

lantas apa sebenarnya Wifi Mesh, bagaimana cara kerjanya, apa kelebihannya serta rekomendasi perangkat wifi mesh yang cocok untuk digunakan? Untuk itu dalam artikel ini Qiannah Update Media akan memberikan informasi dan rekomendasinya untuk kalian. jadi simak artikel ini hingga selesai ya.

Apa Itu Wifi Mesh?

Apa Itu Wifi Mesh?
Apa Itu Wifi Mesh, Cara Kerja, Kelebihan dan Rekomendasi Perangkat Wifi Mesh Lengkap 2023 3

Wifi Mesh adalah sebuah perangkat jaringan Nirkabel (WIFI) yang terdiri dari beberapa titik akses (Node) yang diletakkan pada area tidak tercover sinyal WIFI. Pada setiap titik akses (node) ini sendiri memiliki fungsi sebagai titik akses jaringan wifi yang dapat terhubung dengan perangkat lainnya serta berfungsi sebagai penghubung antara titik akses (node) lainnya.

Pada setiap titik akses (Node) nya sendiri memiliki kemampuan dalam bekerjasama mengirim dan menerima data sehingga membuat koneksi jaringan lebih tanggung serta stabil jika dibandingkan dengan sistem Wifi tradisional ataupun Extender.

BACA JUGA  Mengenal 5 Versi Canva Yang Wajib Diketahui Lengkap

Cara Kerja Wifi Mesh

Wifi Mesh sendiri bekerja dengan memanfaatkan teknologi bernama “Self-Healing”. Dengan adanya teknologi Self-healing maka, apabila terdapat salah satu titik akses (Node) tidak berfungsi dengna baik maka jaringan masih tetap dapat berfungsi dengan baik dikarenakan titik akses (node) lainnya dapat mengambil alih fungsi dari titik akses (node) yang tidak berfungsi tersebut sehingga perangkat yang terhubung ke jaringan WIFI tidak akan terpengaruh sama sekali.

Tak hanya teknologi “Seldf-Healing” saja, tapi wifi mesh juga memiliki teknologi yang disebut dengan “Smart Routing” dimana dengan adanya teknologi ini, data yang dikirimkan keperangkat terhubung seperti laptop, smartphone atau lainnya akan dikirimkan melalui titik akses (node) terdekat atau Node yang memiliki kualitas koneksi lebih baik. Berbeda dengan sistem jaringan Extender yang menggunakan titik akses tunggal dalam melakukan transmisi data.

Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Wifi Mesh

Terdapat beberapa kelebihan serta keuntungan menggunakan perangkat Wifi Mesh. Dimana kelebihan ini kami dapatkan dari berbagai sumber terpercaya serta pengalaman team Qiannah Update Media menggunakan perangkat Wifi Mesh. Adapun beberapa kelebihan dan keuntungannya sebagai berikut:

Menghilangkan Area Dead Zone

Kelebihan yang pertama adalah menghilangkan area dead zone atau area yang tidak terjangkau sinyal WIFI sehingga seluruh ruangan baik itu rumah maupun kantor dapat terjangkau sinyal WIFI.

Kecepatan dan Kestabilan

Kelebihan yang kedua adalah kecepatan dan kestabilan, dimana pengalaman team Qiannah Update Media menggunakan perangkat wifi mesh ini memiliki kecepatan yang serupa dengan modem utama dan juga kestabilan dalam hal ping jika dibandingkan menggunakan sistem jaringan tradisional maupun extender.

1 SSID dan Password

Kelebihan ketiga yang membuat perangkat satu ini diirik oleh pengguna karena kita tidak perlu melakukan perubahan pada jaringan wifi kita seperti pada jaringan tradisional maupun extender karena dengan menggunakan wifi mesh ini SSID yang dipancarkan serta pswword akan mengikuti modem utama.

BACA JUGA  Mengenal Cloudflare WARP 1.1.1.1 Lengkap Cara Setting, Terbaru dan Update

Sehingga meskipun kita berpindah tempat dan berpindah lokasi wifi mesh kita tidak perlu lagi melakukan perubahan jaringan wifi maupun password pada perangkat yang kita gunakan.

Kekurangan Wifi Mesh

Dibalik kelebihan tentu saja perangkat yang satu ini memiliki kekurangan yang mungkin dirasakan oleh sebagian penggunanya. Adapun beberapa kekurangannya sebagai berikut:

Harga Yang Relatif Tinggi

Perangkat Wifi Mesh sendiri memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan perangkat Extender ataupun wifi repeater lainnya karena memang perangkat yang satu ini menggunakan teknologi terbaru.

Rekomendasi Perangkat Wifi Mesh Terbaik

Setelah kalian mengetahui informasi, kelebihan serta kekurangannya dan masih tertarik untuk menggunakan perangkat Wifi mesh, maka Qiannah Update Media akan memberikan beberapa rekomendasi perangkat yang bisa kalian gunakan.

Ultra Wifi Mesh IndiHome

Rekomendasi pertama ada Ultra Wifi Mesh IndiHome. Bagi kalian pelanggan internet fiber rumah IndiHome, kalian tidak perlu membeli alat lagi karena klaian bisa melakukan sewa atau berlangganan perangkat ini hanya dengan Rp. 100.000 saja perbulannya per perangkat.

Meskipun terhitungnya sewa, bukan beli tapi dengan sistem yang diberikan oleh IndiHome tersebut sendiri jauh lebih baik karena apabila terjadi sesuatu pada perangkat seperti kerusakan maka akan diganti tanpa melakukan pembayaran apapun oleh IndiHome.

Rekomendasi kedua ada Merk TP-Link Deco M4 ( isi 3 perangkat ). Mendengar ataupun membaca nama TP-Link pastinya kalian tidak asing lagi bukan, karena memang perusahaan yang satu ini memiliki banyak sekali perangkat jaringan yang sudah terkenal dan banyak digunakan mulai dari Modem Router, repeater, extender dan lainnya.

Deco menggunakan sistem unit untuk mencapai jangkauan Wi-Fi seluruh rumah. Dengan Teknologi Deco Mesh yang canggih, seluruh unit bekerja bersama untuk membentuk jaringan terpadu dengan satu nama jaringan. Perangkat secara otomatis beralih di antara Dekorasi saat Anda bergerak di rumah untuk mendapatkan kecepatan secepat mungkin.

BACA JUGA  Rekomendasi Plugin Wordpress Wajib Dimiliki 2023

Deco M4 menyediakan koneksi yang cepat dan stabil dengan kecepatan hingga 1167 Mbps dan bekerja dengan penyedia layanan internet (ISP) dan modem utama.
Deco dapat menangani lalu lintas bahkan dari jaringan tersibuk, menyediakan koneksi bebas lag hingga 100 perangkat.

Kontrol Orang Tua membatasi waktu online dan memblokir situs web yang tidak pantas menurut profil unik yang dibuat untuk setiap anggota keluarga.

Penyiapan lebih mudah dari sebelumnya dengan aplikasi Deco di sana untuk memandu Anda melalui setiap langkah.

Mercusys Halo S3 300Mbps

Rekomendasi ketiga ada Mercusys Halo S3 300Mbps ( 2 Perangkat ) dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp. 450.000 berdarkan informasi yang kami dapatkan dari Laman Shopee.

SPESIFIKASI : Wireless Standards : IEEE 802.11b/g/n Frequency : 2.4 – 2.5 GHz WiFi Speeds : 300 Mbps on 2.4 GHz Reception Sensitivity : • 11g 6M: -95dBm • 11g 54M: -77dBm • 11n 20M MCS7: -75dBm • 11n 40M MCS7: -72dBm Transmission Power : <20dBm (EIRP) Wireless Security : WPA2-PSK + AES Wireless Functions : Enable/Disable Wireless Radio, Wireless Statistics Mesh protocol : 802.11k/v External Power Supply : 9V/0.6A Ethernet Ports : 2 10/100 Mbps ports per Halo unit (WAN/LAN auto-sensing).

Itulah tadi informasi dan rekomendasi yang bisa kami berikan, semoga dapat membantu kalian.