Panduan Login ANBK, Update Data, Pemilihan Moda Serta Cetak dan Upload Surat Kesiapan Satuan Pendidikan Pada Laman ANBK.
Tak terasa kita sudah pada masa awal semester 1 untuk tahun Ajaran 2023/2024. Seperti pada tahun sebelumnya, ditahun 2023 ini seluruh siswa yang naik ke kelas 5, 8 dan 11 akan melaksanakan ANBK, dimana untuk tahapan prosesnya sendiri telah dimulai pada bulan Juli 2023 ini.
Pastinya seluruh satuan pendidikan sebelumnya telah menerima link lengkap dengan username serta password BIO AN dimana pada laman tersebut kalian akan diminta untuk melakukan impor data siswa yang akan mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer pada tahun 2023 ini.
Dan juga pastinya seluruh satuan pendidikan telah mendapatkan alamat url, username dan password login halaman ANBK dari Dinas Pendidikan setempat selambatnya tanggal 25 Juli 2023 karena pada tanggal 26 Juli 2023 merupakan hari terakhir Pemutakhiran Data Status dan Moda.
Bagi kalian yang telah menjadi operator sekolah sejak pertama kali diadakannya ANBK ini tentu saja sudah sangat paham bagaimana langkah-langkah awal yang harus dilakukan, namun bagi kalian yang baru saja ditugaskan menjadi operator sekolah tentu saja masih bingung terkait langkahnya.
Untuk itu dalam artikel ini, Qiannah Update Media akan memberikan panduannya kepada kalian operator sekolah yang masih bingung ataupun lupa dengan langkah-langkahnya. Perlu kalian ketahui jika dalam pelaksanaannya, ANBK ini memiliki beberapa tahapan. Namun karena kita baru memasuki tahap awal maka kami akan memberikan panduan terkait cara login anbk, cara update data anbk, Cara memilih moda pelaksanaan bagi satuan pendidikan mandiri, cara Cara mengisi data infrastruktur hingga cara mengisi dan upload surat kesiapan sekolah. Untuk itu barikut panduannya.
Cara Login ANBK Bagi Operator Sekolah
Panduan pertama yang akan kami berikan adalah cara login ke website atau halaman ANBK bagi kalian para operator sekolah, untuk cara loginnya sendiri sebagai berikut:
- Kunjungi laman anbk pada link berikut ini https://anbk.kemdikbud.go.id/
- Masukkan Username yang diberikan oleh dinas pendidikan
- Masukkan password yang diberikan oleh dinas pendidikan
- Masukkan Kode keamanan atau captcha
- Klik tombol masuk
Pastikan kalian mengisi username, password dan kode sesuai dengan yang diberikan baik itu huruf besar ataupun kecil dan angkanya.
Pengaturan Akun
Setelah kalian berhasil Login maka kalian akan ditampilkan Pop Up Pengaturan akun dimana kalian akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi seperti logo sekolah, Nama Operator, Mengubah password, alamat email dan nomor telepon operator.
Pada tahap ini sendiri kalian wajib memasukkan informasi akun dan mengubah password apabila diperlukan. Jika tidak maka pada kolom password dan ulangi password silahkan kosongkan saja.
Setelah mengisi seluruh informasi akun maka langkah terakhir adalah klik tombol simpan.
Menginput Identitas dan Infrastruktur sekolah
Setelah selesai melalukan pembaharuan data pengaturan akun maka langkah selanjutnya adalah mengisi identitas dan infrastruktur sekolah dimana pada tahap ini kita akan memasukkan berbagai macam informasi seperti informasi sekolah, MODA yang dipilih Moda pelaksanaan dan lainnya. Untuk itu silahkan ikuti panduan dibawah ini:
Pilih Menu DATA Sekolah Pada kolom sebelah kiri, kemudian
Pengaturan TAB Identitas
Pada tab identitas terdapat beberapa informasi yang wajib kalian isi yaitu:
- Jenjang
- Provinsi
- Kota/Kabupaten
- Sekolah
- Status Sekolah
- NPSN
- Kode AN
- Status Pelaksanaan : Mandiri (bagi satuan pendidikan yang memiliki sarana dan prasarana untuk melaksanakan ANBK) Menumpang (bagi satuan pendidikan yang tidak memiliki sarana dan prasarana untuk melaksakan ANBK dan pada pelaksanaannya nanti dilaksanakan di Sekolah Mandiri)
- Moda Pelaksanaan : Online ( bagi satuan pendidikan mandiri yang memiliki koneksi internet stabil ) Semi Online (bagi satuan pendidikan mandiri yang memiliki koneksi internet tidak stabil )
Pengaturan TAB Tim Teknis
Pengaturan Berikutnya adalah tab tim teknis dimana dalam tab ini berisikan informasi penting terkait tim yang bertugas. Adapun yang wajib diisi sebagai berikut:
- Nama Penanggung Jawab
- NIP Penanggung Jawab
- Telepon Penanggung Jawab
- Nama Proktor
- Email Proktor
- HP Proktor
- Nama Teknisi
- Email Teknisi
- HP Teknisi
Untuk nama proktor dan nama teknisi bisa diisi dengan nama satu orang apabila satuan pendidikan tidak memiliki teknisi khusus.
Pengaturan TAB Infrastruktur
Pada pengaturdan TAB Infrasturktur sendiri terdapat beberapa informasi yang wajib kalian ini, dimana informasi pada tab ini sangat penting karena berisikan informasi terkait sarana dan prasarana satuan yang dimiliki satuan pendidikan dalam melaksanakan ANBK nantinya. Pastikan kalian mengisi data dengan sebenarnya kemudian klik tombol SIMPAN.
Unduh Dan Upload Surat Kesiapan Pelaksanaan ANBK
Setelah kalian mengisi seluruh data dan menyimpannya, maka langkah terakhir adalah mengunduh dan upload surat kesiapan pelaksanaan ANBK dan ditandatangani oleh kepala sekolah sebelum nantinya dilakukan upload.
Untuk langkah mengunduhnya sendiri sebagai berikut:
- Buka menu Data Sekolah
- Klik tombol Surat Kesiapan
- Klik tombol Cetak
- Lakukan cetak atau simpan ke pdf terlebih dahulu
Setelah tercetak, silahkan kalian minta tanda tangan Kepala Sekolah. Setelah ditandatangani dan dicap maka langkah selanjutnya adalah melakukan upload surat tersebut dengan langkah:
- Klik tombol Surat kesiapan
- Pilih Upload Gambar
- Cari gambar surat ( dalam bentuk file JPG atau PNG )
- Lakukan Upload
Setelah kalian melakukan upload maka secara otomatis gambar tersebut akan tersimpan. Hingga tangga 25 Juli 2023, pihak satuan pendidikan diminta untuk melakukan pengisian hal ini hingga batas waktu tanggal 26 Juli 2023.
Itulah tadi panduan yang bisa kami berikan, smeoga dapat membantu kalian.